Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Orang yang Selalu Dekat Dengan Pertolongan Allah

Orang yang selalu dekat dengan pertolongan Allah adalah mereka yang memiliki sifat-sifat dan perilaku yang diridhai oleh Allah. Al-Qur'an dan hadits menjelaskan berbagai karakteristik dan amalan yang membuat seseorang berada dalam naungan dan pertolongan Allah. Berikut adalah beberapa ciri orang yang senantiasa dekat dengan pertolongan Allah:

1. Orang yang Bertakwa

Allah menjanjikan pertolongan-Nya kepada orang-orang yang bertakwa, yaitu mereka yang selalu menjaga hubungan dengan Allah dan menjauhi hal-hal yang dilarang-Nya. Dalam Al-Qur'an disebutkan: 

"Barang siapa bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan memberinya jalan keluar dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka." (QS. At-Talaq: 2-3)

Orang yang bertakwa selalu mengedepankan ketaatan kepada Allah, baik dalam keadaan mudah maupun sulit, sehingga Allah senantiasa memberikan jalan keluar dan pertolongan.

2. Orang yang Sabar

Kesabaran adalah salah satu kunci mendapatkan pertolongan Allah. Dalam berbagai situasi sulit, orang yang bersabar akan mendapatkan kekuatan dan dukungan dari Allah. Al-Qur'an menyebutkan: 

"Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar." (QS. Al-Baqarah: 153)

Sabar dalam menghadapi cobaan, musibah, dan dalam menjalankan ketaatan kepada Allah membuat seseorang dekat dengan pertolongan-Nya.

3. Orang yang Bertawakal

Orang yang bertawakal adalah mereka yang menyerahkan sepenuhnya urusan kepada Allah setelah melakukan ikhtiar (usaha) yang maksimal. Allah mencintai orang yang bertawakal, dan mereka akan senantiasa dekat dengan pertolongan-Nya. Allah berfirman: 

"Dan barang siapa bertawakal kepada Allah, maka Dia akan mencukupinya." (QS. At-Talaq: 3)

Tawakal adalah keyakinan penuh bahwa Allah adalah sebaik-baik Pelindung dan Penolong dalam segala situasi.

4. Orang yang Berbuat Kebaikan (Muhsin)

Orang yang selalu berusaha berbuat baik kepada sesama dan ikhlas dalam setiap perbuatannya adalah orang yang mendapatkan cinta dan pertolongan Allah. Dalam Al-Qur'an, Allah berfirman: 

"Sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang berbuat kebaikan." (QS. Al-Ankabut: 69)

Orang-orang yang berbuat ihsan (kebaikan) dalam amal, niat, dan hubungan sosial selalu dekat dengan rahmat dan pertolongan Allah.

5. Orang yang Ikhlas dan Jujur

Keikhlasan dalam beribadah dan kejujuran dalam perkataan serta perbuatan adalah sifat yang sangat disukai Allah. Rasulullah ﷺ bersabda:

 "Jujurlah, karena kejujuran membawa kepada kebaikan, dan kebaikan membawa ke surga." (HR. Bukhari dan Muslim)

Orang yang ikhlas dalam amal dan jujur dalam setiap keadaan akan selalu mendapatkan bimbingan dan pertolongan Allah.

6. Orang yang Menolong Sesama

Allah akan selalu menolong hamba-Nya selama hamba tersebut menolong sesamanya. Rasulullah ﷺ bersabda: 

"Barang siapa yang melapangkan satu kesusahan seorang Mukmin dari berbagai kesusahan dunia, maka Allah akan melapangkan satu kesusahannya dari berbagai kesusahan di hari kiamat. Dan barang siapa memudahkan urusan orang yang sedang kesulitan, maka Allah akan memudahkan urusannya di dunia dan akhirat." (HR. Muslim)

Orang yang senantiasa membantu dan meringankan beban orang lain akan selalu berada dalam perlindungan dan pertolongan Allah.

7. Orang yang Memperbanyak Doa dan Zikir

Mereka yang selalu berdoa dan mengingat Allah dalam setiap kondisi akan selalu dekat dengan-Nya. Allah berfirman: 

"Maka ingatlah kepada-Ku, Aku pun akan ingat kepadamu." (QS. Al-Baqarah: 152)

Dengan memperbanyak zikir dan doa, seseorang menumbuhkan hubungan yang kuat dengan Allah, dan dengan demikian, pertolongan Allah selalu menyertainya.

8. Orang yang Adil

Keadilan dalam sikap, tindakan, dan keputusan sangat dihargai oleh Allah. Pemimpin yang adil, atau siapa pun yang berlaku adil dalam kehidupannya, berada dalam perlindungan dan pertolongan Allah. Rasulullah ﷺ bersabda: 

"Tiga doa yang tidak tertolak: doa orang yang berpuasa hingga ia berbuka, doa pemimpin yang adil, dan doa orang yang terzalimi." (HR. Tirmidzi)

Orang-orang yang memiliki sifat-sifat di atas selalu dekat dengan pertolongan Allah, baik di dunia maupun di akhirat. Mereka yang mengutamakan takwa, sabar, tawakal, dan keadilan akan selalu merasakan kehadiran Allah dalam setiap aspek kehidupannya.