Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pesantren Berbagi, Santri Peduli

Pesantren dikenal sebagai lembaga pendidikan agama, tempat pembentukan akhlak mulia, dan pusat dakwah keislaman. Sebagai sumber pemerolehan pengetahuan islam, tak diragukan lagi keberadaan pesantren dalam mencetak generasi ulama dan insan yang beradab.

Kehidupan didalamnya, yang populer disebut "nyantri" merupakan wujud miniatur dalam masyarakat. Bertemu dengan orang lain dari berbagai daerah dan latar belakang yang berbeda hingga berbaur bersama untuk satu tujuan yaitu tolabul 'ilmi. Sikap sosial perlu ditanamkan kepada santri, tentang bagaimana menghargai satu dengan yang lain, menolong sesama, bercengkrama, dan saling berbagi. 

Kendati demikian, pesantren bukan hanya sebagai lembaga pendidikan. Pesantren tidak hanya mencetak insan yang berkualitas, pesantren harus menjadi sumber kehidupan dan keteduhan bagi lingkungan sekitar. Layaknya sebuah pohon yang buahnya tidak hanya bermanfaat tetapi dapat memberikan keteduhan bagi masyarakat.

Sebagai wujud syukur atas 35 tahun berdirinya Asrama Sunan Ampel PP. Mamba'ul Ma'arif Denanyar Jombang, telah berkiprah di dunia pendidikan dan mencetak generasi yang berilmu. Melalui kegiatan bakti sosial ini, Asrama Sunan Ampel berusaha mewujudkan pesantren peduli terhadap sesama dan lingkungan sekitar. Menjadikan pesantren bukan hanya lembaga yang fokus terhadap pendidikan, tetapi juga sebagai lembaga sosial yang menjadi replika kehidupan bertetangga. Rasulullah SAW bersabda,

إذا طبخت مرقة فأكثر ماءها وتعاهد جيرانك. أخرجه مسلم

Artinya, "Jika kamu memasak kuah, maka perbanyaklah airnya dan berikan sebagian pada para tetanggamu". (HR. Imam Muslim).

Mari seluruh keluarga besar Asrama Sunan Ampel baik walisantri ataupun alumni dukung dan wujudkan pesantren berbagi, santri peduli melalui kegiatan baksos bagi sembako setiap hari jum'at.

Jazakumullah Ahsanal Jaza'....

Penulis: R. Mukti