Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membiayai Anak di Pesantren, Sebab Terbukanya Pintu Rizki

Allah SWT telah memberikan sebuah karunia yang besar yang diamanahkan kepada orang tua. Anak merupakan amanah yang harus dijaga dan dirawat dengan sebaik mungkin. Sebagai orang tua harus memberikan anak pendidikan yang terbaik. Pandanglah bahwa mereka yang akan meneruskan dan mensyi'arkan agama islam. Sehingga kita akan lebih fokus untuk memperhatikan pendidikan agama mereka. Pendidikan tidak hanya berbicara tentang pengetahuan dan kecerdasan, peran orangtua untuk mengajarkan akhlak, moral, dan budi pekerti tidak boleh lepas dari perhatian.

Hadrotussyaikh KH. Hasyim Asy'ari dalam kitab Adabul Alim wal Muta'llim menyampaikan sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Aisyah R.A. 

عن رسول الله صلّى الله عليه وسلّم قال حقّ الولد على والده ان يحسن اسمه، ويحسن مرضعه، ويحسن ادبه.

" Rasulullah SAW bersabda : Hak anak atas orangtuanya adalah memberikan nama yang baik, ASI yang baik, dan memperindah adab (tata krama) nya. "

Memasukkan anak ke pesantren adalah upaya orangtua untuk memberikan hak pendidikan serta mendidik akhlak mereka. Di pesantren mereka mempelajari agama dan syari'at islam yang sesuai tuntunan. Disamping itu anak juga dididik akhlak dan budi pekertinya oleh para ustadz. Ternyata dengan memondokkan anak, menjadi perantara terbukanya pintu-pintu rizki. Allah SWT memperbanyak rizki orang tua yang memberikan pendidikan anak untuk mempelajari syari'at islam.

Dikutip dalam buku 12 Pintu Rizki (Wazir Ali, tt: 60) termasuk kunci-kunci rizki adalah memberikan nafkah kepada orang yang sepenuhnya menuntut ilmu syari'at (agama). Hal ini berdasarkan hadits yang diriwayatkan Imam Attirmidzi dan Alhakim dari Anas bin Malik:

" Dahulu ada dua orang saudara pada masa Rasulullah SAW. Salah seorang daripadanya mendatangi Nabi dan (saudaranya) yang lain bekerja. Lalu saudaranya yang bekerja mengadu kepada Nabi maka beliau bersabda: "Mudah-mudahan engkau diberi rizki dengan sebab dia. "

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa, sudah sepatutnya orangtua untuk memberikan pendidikan agama anak dengan memasukkannya ke pesantren. Orang tua tak perlu khawatir akan biaya memondokkan anak. Percayalah Allah SWT akan membukakan pintu rizkinya bagi orang tua yang selalu berikhtiar dan tawakkal. Ketika telah mendapatkan rizki, maka segeralah untuk membayarkan biaya mondoknya. Karena semua itu Allah berikan untuk membiayai anak-anak kita di pesantren. 

Semoga Allah melapangkan rizki kita dan memudahkan kita untuk memondokkan anak. Aaamiin...

Penulis: R. Mukti