Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 "Fenomena" Sholat Jumat Yang Harus Diperbaiki

 


Selain hukumnya wajib bagi kaum pria untuk menjalankan sholat jumat, di sisi lain ternyata banyak kesalahan atau kekurangan yang harus diperbaiki dalam menjalankan ibadah sholat jumat.

Hal umum yang sering dilakukan seseorang saat ibadah jumat yaitu, Sehabis salam langsung pulang (tak sholat Sunnah dan tak berdoa dulu), tidak membaca doa masuk masjid(adabnya), tertidur saat khutbah (bisa mengurangi esensi dan kesempurnaan ibadah jumat). Selain itu ada 7 hal yang harus kita perbaiki kebiasaan-kebiasaan saat ibadah jumat, yaitu :

1. Terlambat ke Masjid

Rasulullah menjelaskan : Malaikat yang mencaat kebaikan dan keutamaan ibadah jumat, akan menutup bukunya saat khatib sudah naik mimbar ( demi mendengarkan khutbah jumat ). Maka kita upayakan untuk datang awal waktu saat menjalankan ibadah jumat.

2. Tidak mandi Jumat

Kita disunnahkan mandi saat sebelum ibadah jumat. Bukan mandi biasa, tetapi layaknya madi besar tapi dengan niat Mandi Sunnah Hari Jumat. Demikian masih banyak umat muslim yang tidak mandi Sunnah hari jumat. Untuk itu mari kita usahakan mandi Sunnah hari jumat karena fadhilahnya luar baisa.

3. Tidak memakai minyak wangi

Selain menjadi penyegar suasana ibadah jumat, memakai minyak wangi juga disunnahkan saat ibadah jumat. Setidaknya kita bisa mengusap minyak wangi ke baju saat hendak berangkat ke masjid agar mendapatkan kesunnahan.

4. Tidak mengambil shaf terdepan

Ada yang enggan memilih shaf terdepan saat ibadah jumat, entah itu kenapa alasannya. Padahal dalam hadis dijelaskan :

إِنَّ اللهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى الصُّفُوْفِ اْلأُوَلِ

“Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat kepada orang yang shalat di shaf pertama.” (HR. Abu Dawud, shahih).

5. Tidak sholat Sunnah Tahiyatul Masjid

Sholat Sunnah sebelum kita duduk di masjid ini ternyata sangat diprioritaskan oleh Rasulullah. Meski tak wajib, lebih baiknya kita bisa sholat 2 rakaat dulu sebelum duduk di masjid. Banyak orang yang langsung duduk saat masuk masjid, maka usahakan dengan sholat tahiyatul masjid 2 rakaat dulu.

6. Tidak berdoa antara dua khutbah

Inilah termasuk waktu yang mustajab untuk berdoa, yaitu ketika khatib duduk sebentar di antara dua khutbah. Untuk itu jangan sampai kita melewatinya, apalagi saat itu kita tertidur, sayang sekali bukan….?

7. Khutbah terlalu lama

Fenomena ini pastinya dialami oleh seorang khatib. Khutbah yang terlalu lama bisa menjadikan jamaah akan mengantuk dan malah kurang fokus. Maka di sini Rasulullah mencontohkan : Beliau khutbahnya singkat, dan shalatnya yang agak lama. Cara khutbah Rasulullah juga lantang tegas layaknya komandan perang berintruksi ke pasukannya. Itulah sederet fenomena ibadah jumat yang harus kita perbaiki, agar kita nantinya bisa meraih semua kesempurnaan dan keistimewaan ibadah jumat.