Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 “Keburukan” Akhir Zaman Yang Tengah Terjadi

 

Tentunya sebagai umat muslim kita tengah mengalami dan melihat secara terang-terangan, banyak terjadi kesenjangan, kemunafikan, kedzoliman yang termasuk menjadi tanda-tanda keburukan di akhir zaman. Sementara dalam hadist Riwayat Ahmad;shahih menjelaskan, yakni ada 5 hal yang menjadi tanda keburukan di akhir zaman, bahkan sedang kita alami dimasa sekarang ini. Yaitu :

1. Orang yang dapat dipercaya cenderung didustakan

Sekarang ini banyak para Alim ulama, muslim yang jujur, pendakwah yang bijak, justru menjadi sasaran terhadap orang-orang yang dusta. Mungkin saja mereka banyak tujuan, memanfaatkan kesempatan demi kepentingan kelompok, propaganda / isu media, maupun tujuan kepentingan pribadi. Dari situlah semakin banyak orang muslim yang baik, justru didzolimi.


2. Orang yang berkhianat justru dibela dan dipercaya

Banyak orang-orang munafik, dzolim dan melenceng dari syariat malah dipercaya omongannya. Dengan taktik cerdik mereka bisa saja mempengaruhi opini, pola pikir, hingga orang sekitarnya percaya begitu saja dengan kata-kata manis mereka. Bahkan ini rentan terjadi di kalangan penguasa yang dzalim.

3. Asusila dan kata-kata kotor menjadi fenomena yang umum

Tak heran, di era ini kekejian asusila maupun ucapan-ucapan yang tak beradab ( kata kotor ) seolah sudah menjadi hal yang biasa dilontarkan sehari-hari.  Hingga akhirnya berakibat semakin terkikisnya kata-kata mulia, yang berakibat hilangnya kehormatan diri seseorang.

4. Terputusnya silaturrahim

Belakangan ini semakin banyak orang yang bermindset nafsi-nafsi ( hanyak mementingkan diri sendiri, tanpa ada rasa kepedulian terhadap orang lain. Targetnya hanyalah semata kepentingan duniawi saja, hingga berakibat renggangnya hubungan silaturrahim pada teman, sahabat, bahkan pada sanak familinya.

5. Hubungan antar tetangga yang buruk

Rasa tenggang rasa terhadap tetangga semakin terkikis, hingga tak ada saling tahu-menahu, tak mau saling mengenal, bahkan sering dihinggapi rasa iri hati terhadap tetangga. Itulah yang menjadi penyebab semakin renggangnya hubungan baik antar tetangga. Untuk itu sangatlah penting memupuk kembali rasa peduli, sering berkomunikasi, saling membantu jika ada yang kesulitan, sehingga hubungan social yang baik akan terjalin kembali. Itulah fenomena akhir zaman yang banyak terjadi belakangan ini, semoga bisa menjadi pelajaran bagi kita, serta semakin berupaya untuk memperbaiki diri.