Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Orang Yang Senantiasa "Dirindukan" Surga

Bagi umat muslim, tentunya banyak amalan-amalan yang menjadi sebab masuknya seseorang dalam surga Allah SWT. Namun, Amalan yang kita lakukan haruslah dibarengi dengan niat tulus dan ikhlas mencari ridha Allah, sehingga kita akan benar-benar merasakan balasan amal kita dari Allah dan tak sia-sia melakukannya. Nah, dibawah ini ada beberapa contoh amalan yang jadi penyebab seseorang sangat dirindukan surga, karena memang itulah balasan yang sudah dijanjikan oleh Allah SWT :

Surga itu rindu kepada empat golongan, yaitu orang yang membaca Al-Qur'an, Orang yang puasa di bulan Ramadhan, Orang yang menjaga lisan, Dan orang yang memberi makanan kepada yang kelaparan (HR. Abu Daud dan Tirmidzi)

1. Orang yang mampu menjaga lisannya

Lisan termasuk senjata utama seseorang yang dapat menentukan baik dan buruknya akhlak orang tersebut. Jika kita tak bisa menjaga lisan dengan baik, akibatnya akan menimbulkan fitnah, ghibah, mengumpat, omong kosong, gosib yang tidak ada ujungnya, bahkan merugikan orang lain. Maka menjaga lisan dengan baik termasuk kunci amal perbuatan kita menjadi baik pula.

2. Gemar baca Qur’an dan mengamalkannya

Amatlah mulia bagi seorang muslim yang istiqomah dalam membaca Al-Quran setiap hari, dan mengajarkannya kepada orang lain. Demikian Al-Qur’an akan menjadi sahabat terbaik kita yang bisa memberi syafaat saat di akhirat nanti. Itulah keistimewaan dari Allah yang diberikan hambanya jika rajin baca Qur’an dan mengamalkannya kepada orang lain.

3. Memberi makan kepada orang yang kelaparan

Sudah semestinya sebagai umat muslim untuk saling tolong menolong dalam segala kebaikan. Semisal ada tetangga kita yang kelaparan, maka hendaknya kita bersegera menolong semampu kita. Demikian itu akan menjadi amal yang luar biasa keberkahannya, bahkan rezeki kita akan dilipatgandakan oleh Allah SWT. Surga pun merindukan orang muslim yang senantiasa menolong saudaranya yang kesulitan.

4. Orang yang berpuasa di bulan Ramadhan

Berdasarkan hadist di atas dijelaskan juga, bahwa orang yang berpuasa Ramadhan juga akan mendapatkan keistimewaan, yaitu senantiasa dirindukan oleh surga. Untuk itu manfaatkanah bulan Ramadhan sebagai jalan terbaik untuk benar-benar bertaubat, serta menjalankan ibadah puasa dengan ikhlas mengharap ridha Allah SWT. Sehingga kita akan benar-benar meraih keutamaan puasa Ramadhan, salah satunya kelak akan dirindukan surganya Allah SWT.