Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Perkara Yang Paling Baik Di Akhir Zaman

Setiap insan tentunya harus mempunyai pegangan atau bekal untuk mempersiapkan kehidupannya lebih jauh. Apalagi menghadapi peliknya di akhir zaman ini. Rasulullah telah memberikan kita banyak bimbingan agar kita tidak sampai terjerumus dan terlena terhadap gemerlapnya akhir zaman, sehingga bisa tetap berpegang teguh pada jalan yang benar.

Diriwayatkan oleh Imam Thabrani dari Hudzaifah, Rasulullah menjelaskan tentang pilar-pilar yang paling baik di akhir zaman, yaitu :

1. Rizki Yang Halal Dan Berkah

Di akhir zaman banyak orang yang melupakan tentang keberkahan dan kehalalan rezeki, mereka cenderung terlena dengan kekayaan yang instan dan sesaat, tanpa mengindahkan keberkahannya. Padahal keberkahan suatu rezeki merupakan kunci pokok utama demi keberlangsungan ketenangan hidup kita dalam manajemen ekonomi yang baik, sesuai dengan syaria islam. Demi berkahnya rezeki, kita bisa menunaikan zakat maal, infaq, sedekah atau amal jariyah ke fakir miskin, dan istiqomah dalam bersikap dermawan.

2. Berpegang Teguh Pada Sunnah Nabi

Amalan terbaik pada akhir zaman yang kedua yaitu : Menerapkan amalan-amalan Sunnah sesuai dengan tuntunan Rasulullah. Demikian bertujuan agar kita bisa mendapatkan syafaat di hari kiamat, karena telah mematuhi teladan kehidupan Rasulullah dalam rangka meraih ridha Allah SWT. Sehinga manusia di akhir zaman tidak sampai terjerumus, dan tetap berpegang teguh terhadap ajaran Islam sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW.

3. Hubungan Persaudaraan Yang Baik

Banyak manusia yang tidak menyadari bahwa hubungan sesama muslim yang baik termasuk menjadi amalan terbaik di akhir zaman. Demikian juga dijelaskan dalam hadist Imam Bukhari dan Abu Hurairah, yaitu menjelaskan bahwa : Siapapun yang masih tetap istiqomah menyambung (silaturrahim) hubungan sanak kerabat dengan baik, pastinya Allah akan melapangkan rezeki serta dipanjangkan umurnya.

Itulah 3 perkara yang dapat kita jadikan amalan yang selalu mengiringi kehidupan kita, sehingga bisa dijadikan pilar atau kunci keselamtan di akhir zaman. Sehingga manusia akan tetap dalam lindungan Allah SWT, seta senantiasa mendapatkan syafaat Rasulullah hingga akhir zaman nanti. 

Kontributor : Raharja W.